Jumat, 23 September 2011

Bangun Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan Perencanaan





Bangun Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan Perencanaan
Sudah sepatutnya penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dilaksanakan secara musyawarah bersama-sama dengan masyarakat, bukan dibuat oleh segolongan orang dibelakang meja. Tidak hanya itu, dalam penganggaran pembangunanpun juga seharusnya menggunakan langkah yang sama.
Sejalan dengan itu, proses pendampingan LPMD, BPD, PKK, KARANG TARUNA,  yang sebelumnya telah menyelesaikan penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) mulai melanjutkan pendampingannya untuk membuat Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) yang menjadi landasan dalam pelaksanaan pembangunan desa selama 1 tahun kedepan dan sekaligus membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).
Penyusunan rancangan draft kedua dokumen ini (RKPDes dan APBDes) dilakukan oleh Tim Perencana Desa (TPD) dengan  LPMD, BPD, PKK, KARANG TARUNA DUSUN TERKAIT. Rancangan tersebut digodok dalam beberapa kali pertemuan, tak kenal hujan, tak kenal panas, untuk menyelesaikan pembuatan rancangan dokumen tersebut. Rancangan inilah yang menjadi bahan dalam Musrenbang APBDes.

Kami siap menjadi Fasilitator untuk semua desa di seluruh Indonesia Hubungi kami : AIR CONSULTANT-blogger :airconsultant.blogspot.com, LEMBAGAPEMBERDAYAANMASYARAKATDESA.BLOGSPOT.COM,  HOTLINE:085326739300 e-mail:airwb@hotmail.com, konsultanair@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar